Rabu, 26 Februari 2020

Om Puurnnam-Adah Puurnnam-Idam

पूर्णमदः पूर्णमिदं पूर्णात्पूर्णमुदच्यते
पूर्णस्य पूर्णमादाय पूर्णमेवावशिष्यते

Om Puurnnam-Adah Puurnnam-Idam Puurnnaat-Puurnnam-Udacyate |
Puurnnasya Puurnnam-Aadaaya Puurnnam-Eva-Avashissyate ||




Yang Itu Sampurna, Yang Ini pun Sampurna;
Dari Kesempurnaan lahir Yang Sampurna…
Kendati demikian, Kesempurnaan tak terpengaruh;
Ia masih tetap Sampurna…



Ayat ini merupakan ayat pembukaan dari Isha Upanishad.

Upanishad adalah kumpulan ajaran yang secara kolektif disebut ‘Vedanta’, atau intisari ajaran Veda. Veda sendiri berarti ‘Pengetahuan’—Knowledge. Dengan ‘Intisari Pengetahuan’ yang dimaksudkan adalah ‘Pengalaman Pribadi.

Upanishad yang jumlahnya seratus sekian itu merupakan dialog antara guru dan siswa. Mereka hidup bersama, dan seorang guru akan menciptakan situasi-situasi di mana seorang siswa akan memperoleh pelajaran lewat pengalaman pribadi.

Isha Upanishad adalah kumpulan pelajaran yang paling pendek, paling singkat. Hanya delapan belas ayat panjangnya. Kendati demikian, Isha Upanishad dianggap sebagai yang terpenting.

Upanishad berarti duduk dekat, atau duduk di bawah. Isha berari ‘Ia yang bersemayam dalam diri’. Isha Upanishad berarti ‘Mendekatkan diri dengan Tuhan yang bersemayam dalam diri’. Dalam bahasa Yesus, menyadari adanya ‘Kerajaan Allah dalan diri’. Dan dalam bahasa Al-Qur’an, menemukan dia ‘yang lebih dekat daripada urat leher’.

Jika nol dikurangi nol, hasilnya tetap nol juga. Jika nol ditambah nol, hasilnya masih nol juga. Angka nol tidak pernah kurang, tidak pernah bertambah. Angka nol adalah angka yang sampurna. Oleh kaena itu, angka nol mewakili Isha, Tuhan, Allah. Ia Yang Maha Sampurna.

Krishna, Zarathustra, Musa, Siddhartha, Isa, Muhammad dan Nanak—setiap avatar, masiha, nabi dan buddha—adalah ‘nol’ yang berasal dari ‘nol’. Seorang nabi adalah seorang manusia sampurna dan kesempurnaannya berasal dai Yang Sampurna Ada-Nya.



(Sumber:
1.Tulisan sanskrit dari https://greenmesg.org/stotras/vedas/om_purnamadah_purnamidam.php
2. video dari Deva Premal - Om Purnam I, https://www.youtube.com/watch?v=fzYuwNLgfC8
3. Penjelasan dari Buku Shambala, Fajar Pencerahan di Lembah Kesadaran, karya Anand Krishna, hal 164-172, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta 2000)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar