Minggu, 09 Februari 2020

Pengajar, Guru: Apakah Anda Membutuhkannya?


Hasil gambar untuk sai baba  
(Satya Sai Baba, Kyiai Ganjel, Anand Krishna)


Pengajar, Guru: Apakah Anda Membutuhkannya?

Apabila definisi Anda tentang seorang guru adalah ia yang akan membimbing Anda sepanjang jalan, maka Anda salah. Apabila Anda menginginkan seorang guru les untuk selalu membantu Anda guna menyelesaikan pekerjaan rumah Anda, Anda keliru. Alam tidak akan membiarkan diri Anda dibimbing terus-menerus. Keberadaan akan memaksa Anda untuk menemukan jalan sendiri.

Jalan yang mengantar menuju ke pembebasan, ke penyelamatan, ke Nirwana, ke surga adalah jalan tanpa jejak. Tidak ada jejak-jejak pendahulu Anda, tidak pula ada jalan setapak. Lihatlah burung-burung yang sedang terbang. Apakah mereka meninggalkan jejak di belakang mereka? Lihatlah ikan yang sedang berenang, apakah mereka meninggalkan jejak? Anda juga harus menemukan jalan Anda sendiri, bahkan membuat jalan Anda sendiri.

Setiap guru yang menyatakan bahwa ia dapat menuntun sampai ke tujuan tidak memberitahu Anda tentang kebenaran atau barangkali mereka sendiri tidak mengetahui kebenaran itu. Para guru Anda pula harus menemukan jalan mereka sendiri. Mereka sama butanya seperti Anda dan penggabungan dua orang buta hanya akan menghasilkan kekacauan total.

Saya katakan kepada Anda untuk berhenti mencari guru. Saya katakan kepada Anda bahwa Anda mampu mengobati kebutaan Anda sendiri. Dan setelah Anda sembuh, Anda akan melihat sendiri apa kebenaran itu?

Ketergantungan Anda pada guru, bertentangan dengan pencarian Anda. Anda mencari kebebasan diri, yang berarti ketidaktergantungan abadi. Untuk mencapai ketidaktergatungan abadi seperti itu, layaknya dari awal mula justru Anda tidak tergantung pada siapa pun, pada suatu kondisi ataupun situasi tertentu.

Mencari seorang guru, apalagi dalam bidang batiniah, sebagaimana sedang kita bicarakan sekarang ini, justru akan menambah rantai-rantai keterikatan yang membelenggu Anda. Mungkin Anda sudah begitu terbiasa diperbudak, begitu nyaman dengan menjadi budak, sehingga kebebasan murni tidak lagi menjadi impian Anda. Anda harus mandiri, bebas dari segala macam keteriktan dan ketergantungan. Berdirilah tegak, berjalan sendiri tanpa bersandar, tanpa tergantung pada siapa pun!

Dalam perjalanan ini, apabila sesekali waktu Anda bertemu dengan seseorang yang sudah bebas, anggaplah itu sebagai kejutan yang menyenangkan, sesuatu yang indah. Itu adalah nasib baik Anda. Barangkali pertemuan semacam ini Anda anggap sebagai pertemuan dengan seorang guru. Anggaplah ini sesuka Anda, tetapi pahamilah implikasinya (tujuan, maksud) dari pertemuan ini dengan benar. Keberadaan orang yang telah bebas seperti itu hanya untuk menegaskan keyakinan Anda terhadap kebebasan.

Kebebasan yang total sepeerti itu tidak mustahil, bisa terjadi! Yakinlah! Keyakinan seperti ini akan menyuntik Anda dengan energi yang baru. Sekarang Anda lebih bersemangat. Pertemuan dengan orang yang bebas akan membangkitkan jiwa Anda. Mereka yang telah bebas, tidak terikat sama sekali, tidak tergantung pada siapa pun. Mereka hendaknya disebut “Master”.

Master berarti orang yang memiliki “Mastery” atas dirinya sendiri. Orang yang memerintah, mengatur dirinya sendiri. Orang yang bertanggung jawab, yang datang bukan untuk menimbulkan kekacauan, tetapi untuk menciptakan ketentraman. Bernasib-baiklah suatu bangsa, berjayalah suatu kebudayaan, dimana orang-orang seperti itu ada. Master seperti mereka tidak diperjual-belikan, mereka tidak dapat diperoleh dari pasar. Mereka tidak membutuhkan propaganda ataupun promosi.

Lihatlah guru-guru Anda sekarang. Ada yang menjual latihan-latihan tertentu, ada pula yang menjual jin. Hebat! Para Master  tidak dapat dipaksakan kehadirannya dalam kehidupan Anda. Begitu Anda siap, ia akan muncul dalam kehidupan Anda. Para Master tidak datang dari mana-mana, mereka tidak pergi kemana-mana. Master seperti itu merupakan suatu kejadian dalam hidup Anda. Apabila Anda menemukan seorang Master seperti itu dalam kehidupan Anda, peristiwa itu mungkin saja peristiwa yang terbesar dan terpenting dalam hidup Anda.

Para Master tidak senang disebut Master. Mereka lebih senang dipanggil sahabat. Para Master tidak pernah menciptakan jarak antara dirinya dan Anda. Para Master merupakan keharuman bunga yang menyerbaki kehidupan Anda. Sekali lagi, Anda tidak dapat mencarinya. Anda tidak dapat memperoleh alamatnya dari iklan-iklan koran. Anda harus sabar menanti, dan ia akan terjadi, akan muncul dalam kehidupan Anda!

Jika Anda bertemu dengan seorang Master, hidup Anda akan segera berubah. Suatu ruangan yang gelap selama 40 tahun dapat menjadi terang dalam sekejap oleh sebatang lilin, tidak memerlukan 40 tahun untuk meneranginya. Pertemuan Anda dengan seorang Master akan membuat Anda gembira; hari pertemuan menjadi hari perayaan! Anda akan menari dan menyanyi karena kegirangan. Anda baru akan tahu bahwa seorang Master tidak pernah memperbudak orang lain, ia telah menguasai dirinya; ia tidak ingin menguasai Anda. Pertemuan dengan seorang Master justru akan mempercepat kebebasan Anda, mempermudah proses ketidaktergantungan Anda.

Setelah bebas dari segala macam ketergantungan, Anda sendiri menjadi Master, sekarang kehadiran Anda dalam kehidupan orang lain dapat manghasilakan serangkaian keajaiban yang tidak pernah Anda ataupun mereka impikan. Setiap orang yang bertemu dengan Anda akan menjadi bebas, sebagaimana Anda memperoleh kebebasan setelah bertemu dengan Master Anda.

Bertemu dengan orang seperti itu akan memberikan perubahan total dalam hidup Anda. Ini merupakan suatu kejadian yang menyenangkan. Jangan sia-siakan kesempatan emas seperti itu. Rayakanlah kehidupan Anda. Ini indah dan segala keindahan adalah kesukaan untk selamanya. Sekarang, hidup menjadi permainan bagi Anda. Kalah atau menang tidak masalah, karena semuanya hanya permaianan.

Kejadian seperti itu yang dapat Anda sebut inisiasi yang sejati. Inisiasi bukan suatu ritual, inisiasi merupakan awal hubungan yang romanrtis antara Anda dan Master. Anda akan terhanyut, terlarut dalam Dirinya. Bila muncul lagi ke permukaan, Anda sudah berubah total, sekarang Anda sendiri seorang Master.

Master adalah sahabat yang sejati, yang dapat diajak bicara, disentuh, diraba. Master tidak pernah berada di atas podium yang tinggi dan memerintah Anda yang duduk di bawahnya. Master menganggap Anda sebagai sahabat, sama tingginya, sama rendahnya.

Jangan mencoba untuk memiliki ataupun menguasai seorang Master, mereka bukan milik siapa pun. Mereka benar-benar Guru yang sejati, karena mereka bebas, tak terikat pada suatu dogma tertentu, tak terikat pada suatu buku tertentu, tak terikat pada suatu aliran tertentu. Mereka lebih bebas dari segalanya. Bagi mereka timur dan barat sama. Hitam dan putih sama, panas dan dingin sama. Mereka tidak perlu bicara banyak dengan Anda. Bahkan kadang-kadang  mereka akan bisu seribu bahasa; mereka diam tanpa sepatah kata pun. Namun mereka akan tetap membawakan kaharuman dalam hidup Anda. Lihatlah bunga-bunga mawar yang sedang mekar, mereka mekar bukan hanya untuk Anda. Mereka mekar untuk setiap orang, untuk semua orang. Bunga mawar berbicara hanya dengan satu bahasa - bahasa keharuman. Keharuman seorang Master akan mengharumi keberadaan Anda. Sekarang Anda tidak akan pernah berbau busuk lagi, sekarang Anda harum!

Jalan terus, jangan berhenti! Siapkan diri Anda untuk peristiwa terpenting dan terbesar dalam kehidupan Anda! Anda pun akan menemukan seorang Master!

 Hasil gambar untuk osho 
(J. Krishnamurti, Osho, Babaji)



(Buku “KEHIDUPAN, Panduan untuk Meniti Jalan ke Dalam Diri”, karya Anand Krishna, hal 55-62, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta 2000)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar