Selasa, 03 Maret 2020

Facilitator Training - Manfaat Meditasi

Guruji Anand Krishna




Most ‘interesting’ component Benefit of meditation must be Highlight :

1.      Improve physical health (Meningkatkan kesehatan fisik)

2.      Mental/Inner Peace; Peace of Mind

3.      Clarity of Thought (Pikiran akan menjadi Jernih)

4.      Balance Emotion

5.   Calmer Nature/Not Give to Emotion Out Burst/Better Anger Management (Tidak dikendalikan emosi yang meledak-ledak)

6.      Stress Reduction/Management

7.      Relaxation

8.      Focus

9.      Self-Confidence

10.  Wisdom

11.  Better Relaxation with other

12.  Connection with “Higher Power”

Meditasi harus menjadi Habit—makan, minum, tidur, sikat gigi harus dalam keadaan meditasi. Ada tradisi dimana selama 21 hari tinggal di Ashram, tujuannya agar Meditasi menjadi habit. Tradisi Sufi lebih dari 40 hari, kemudian Muhammad memotong menjadi 29/30 hari.

Harus mulai memikirkan secara serius, menarik diri dari lingkungan kita.


Most Common Challenge/Hindrance:

1.      Time, poor time management

2.      Tidak ada disiplin

3.   Ketiduran dalam Meditasi. Makanan harus di rubah, terlalu banyak karbohidrat,   kurangi makan daging

4.      Banyak gangguan di luar atau dirumah—anak-anak atau keluarga lain

Jika semua hal di atas dapat teratasi, dalam kehidupan sehari-haripun akan mendapat hasil luar biasa.

Meditasi untuk mengungkapkan potensi dirimu sepenuhnya. Terungkap 50-60 % memberikan sukses luar biasa, bagaimana kalau terungkap sepenuhnya?! Diawal : berikan gula-gula.

Kita hidup di Negara yang kaya—alam, keindahan, curah hujan dll, di lingkungan yang menguntungkan, kenapa banyak komplin—1001 alasan untuk tidak Meditasi atau ke Ashram?

“Mari kita manfaatkan keadaan ini, untuk membenahi hidup kita—perbaiki kwalitas makanan, pikiran, perasaan, dll”

Kapan pintu ditutup? Saat Fasilitator masih memberikan penjelasan, boleh masuk. Kalau sudah Meditasi, pintu ditutup dan tunggu di luar. Boleh masuk, Fasilitator langsung menegur, jangan lagi!

Peserta harus mengisi formulir, ada keterangan penyakit dll. Minggu 1, Fasilitator harus melhat siapa yang dihadapi, apakah dalam keadaan sakit? Apa kebutuhan mereka?


Tanya-jawab.

1. 1001 alasan tidak Meditasi (Bali—adat, upacara, kundangan, dll). Alasan-alasan ini menunjukkan tidak ada keberanian melakukan atau membuat sesuatu yang baru. Manifestasi dari rasa takut. Contoh anak kecil, berapa lama menjelaskan untuk ke toilet, butuh waktu untuk mengubah mindset.
Siapa? Pertama, keluarga terdekat/kerabat, boleh menakut-nakuti/mendesak betapa pentingnya Meditasi. Keberhasilan suatu Negara salah satunya adalah bila jumlah Rumah Sakit berkurang. Kedua, orang yang sudah kaya, sudah lebih takut sakit.

2.   Merasa sudah tahu tentang Meditasi atau Spiritual. Ada suatu “sok” spiritual. Tawarkan bahwa melalui Meditasi dapat mengakses/berhubungan dengan ‘Higher Power”, kekuatan yang lebih tinggi. Misal, dia menyatakan ada 17 cakra, bilang ke dia bahwa sesungguhnya ada 32 cakra. Cakra = asumsi.

3.    Kesadaran, suatu yang abstrak bagaimana menjelaskan. Sulit menjelaskan dalam satu-dua kata.
Keadaan jaga—keadaan kita sehari-hari, mendengar , bicara, dll. Sadar dalam pengertian Psikologi adalah keadaan jaga ini.
Keadaan Sadardiscreet (waspada), alert (siap-siaga); tidak melakukan hal yang merugikan bagi diri dan lingkungan, dalam keadaan sadar; selalu mengambil keputusan yang menguntungkan bagi diri dan lingkungan; keadaan ucapan, pikiran, dan tindakan yang menguntungkan diri dan sekitar. Jaga belum tentu sadar.

4.   Berkembang, Fasilitator adalah marketer utama. Semua yang dilakukan di lingkungan Center (tahu dan sebarkan), bawa brosur-brosur dan buku-buku yang dibagikan. Harus terjadi sendiri, dibutuhkan militansi-fanatik (dalam arti bangga/kebanggaan intern). Harus ada dinamisme, memperkenalkan dengan cara yang baik.

5.   Jangan terjebak dalam perbandingan, menciptakan identitas sendiri. “Tapi saya telah mempelajari dan saya memperoleh ini…”. Membuka diri terhadap semua emungkinan.

Personal Shadana, sebagai Fasilitator berbagi kesadaran, berbagi pengetahuan. Temukan sendiri. 1000 Nama Dewi.


(Fascilitator Training oleh Guruji Anand Krishna, pada 8 maret 2012 di Anand Krishna Center Denpasar, Jl. Pura Mertasari 27 Sunset Road, Abianbase Kuta, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar