Senin, 02 Maret 2020

Facilitator Training - Pekerjaan Fasilitator

Guruji Anand Krishna





Pekerjaan Fasilitator :

1.  Meditasi tidak bisa diajarkan, bahwa ia harus dalam keadaan meditatif, dalam meditative mood. Minimal 21 kali sehari kita berada dalam keadaan meditatif. Dalam melakukan kegiatan keseharian mengalami ‘lupa segala’, berarti berada dalam meditative mood. Fasilitator harusbisa memasuki meditative mood sebelum memberikan meditasi.

2.      Menempatkan diri sebagai Fasilitator, kita bukan apa-apa, hanya memfasilitasi.

3.   Jangan terlalu mengkritik macam-macam. Jangan gunakan istilah “kalian”, seolah kita terpisah, beda, jelek sekali dalam Bahasa Inggris. Lebih baik menggunakan istilah ‘kita, kamu, aku’. Berbagi keadaan meditatif, kedamaian di dalam.

4.  Tidak ada selain Fasilitator yang paling tepat menjual atau memasarkan, memberikan masukan-masukan, ide-ide untuk perkembangan ke depannya.

5.   Fasilitator harus mengetahui segala-galanya, arti, signifikasi dari simbol-simbol, apa yang ada dibalik itu. Misalnya patung radha-krishna, maknanya pertemuan Atma dan Paramatma. Fasilitator mengetahui segalanya tentang Ashram, kegiatan-kegiatan, segala yang berkaitan dengan Ashram.

Saat memberikan Meditasi harus dalam keadaan meditatif. Berada dalam keadaan “ini” selama 2 jam saat memfasilitasi, hal itu memberikan sesuatu yang luar biasa pada diri sendiri.

Terdapat larangan-larangan tertentu dalam latihan-latihan tertentu, baca lagi! Ada latihan-latihan yang dipandu sebentar, tidak langsung dilepas.


Sebelum Memfasilitasi Meditasi :

1.  Penampilan fisik diperhatikan, baju harus rapi, tidak terlalu ketat, gunakan parfum yang lembut.

2.      Baca tentang latihan yang akan diberikan, setiap memberikan latihan baca dulu.

3.    Cerita-cerita, gunakan cerita yang diberikan dalam buku-buku Bapak, bukan menjual atau mempromosikan yang lain. Mengapa pakai yang lain, brand kita harus jelas, kecuali ada penelitian-penelitian baru.

4.      15 menit sebelumnya Fasilitator diam sejenak, memasuki keadaan meditatif.


Rahasia keberhasilan : Konsisten atau Ketetapan, fokus pada rujukan. Rujukan kita Buku Semedi 1 dan Kundalini Yoga; pendukung : Buku Sehat Dalam Sekejap dan Sufi 2, untuk healing.

Personal appearance untuk pay attention. Penampilan oke penting sekali.


Saat Memfasilitasi :

1.  Setiap program, begitu ada orang baru, bicarakan pengalaman kita, pengalaman Anand Krishnasakit dan memperoleh kesembuhan dari leukimia, dizalimi hingga puasa 49 hari, dipenjara lebih dari 1,5 tahun padahal terbukti tidak bersalah. Semua latihan-latihan yang ada hasil kompilasi berdasar pengalaman pribadi.

2.  Bisa memberikan pengalaman-pengalaman pribadi, semata-mata untuk latihan tersebut.

3.   Jangan membicarakan masalah pribadikeluhan-keluhan kita, kita yang harus menjadi tong sampah, sadari bahwa mereka (peserta meditasi) datang untuk mengembangkan diri.

4.      Mencari refrensi, berikan discount (bisa 20%) kepada yang ikut program.

5.    Rileksasi ideal 15 menit (lebih dari itu pertanyaan-pertanyaan bisa hilang). Bila ada interaktif atau tanya-jawab, rileksasi cukup 10 menit.

6.  Stress Management dan Kundalini Yoga, jangan ada bhajan; hindari bhajan dalam bahasa sanskrit, kesan menggiring ke aliran atau agama tertentu.

7.  Boleh ada 1 bhajan, tapi memunculkan peace, love bahasa Indonesia atau Inggris. Saat Meditasi gunakan musik instrumen. Bhajan di fokuskan pada hari tertentu, hari Rabu misalnya.

8. Memancing sharing pendatang baru, teman-teman lama harus sharing tentang pengalaman-pengalaman kita.

9.     Setiap hari latihan di rumah, Ya, tapi kita juga harus mengakses group energy seminggu sekali minimal di Center. Ibarat mengecas batre. Contoh Kalau Islam berjemaah, Kristen mengadakan misa. Kalau Ashram, ada kewajiban seminggu sekali di Ashram, dan seminggu sekali kumpul dirumah dengan keluarga. Memperoleh support, menjelaskan apa yang kita lakukan di Ashram dengan cara persuasif.

10.  Seluruh pendidikan berdasarkan pengulangan. Contoh, latihan Yoga 3 hari untuk 1  cakra, jadi selesainya 21 hari; makan 20 menit, otak menerima sinyal setelah 20 menit.


Ada pertanyaan yang berkaitan dengan spiritual (saat kelas)? Jawab dengan seminim spiritual. Open House sama sekali tidak ada bhajan, SNL boleh bhajan karena peserta orang-orang lama. Temu Hati tidak ada bhajan.

Untuk Ananda’s Neo Stress Management tidak perlu asisten khusus atau peraga, Yoga perlu asisten, kalau di India atau Luar tidak menggunakan peraga. 

Saat savasana di berikan sugesti dari kaki sampai kepala, habis itu tidak langsung bangun, berikan 2-3 menit untuk menyadari kembali tubuk fisik, “Kalau sudah cukup silakan bangun”, jika masih ada yang tertidur berikan secara umum, “Pelan-pelan kita semua bangun dan duduk”.


Setelah Memfasilitasi :

1.      Tidak keluar makan malam dengan partisipan, jika itu terjadi wibawa langsung turun.

2.      Kalau ada ulang tahun, silakan rayakan di Center.

3.  Jangan terlalu akrab, akan menjatuhkan wibawa Fasilitator. Interaksi sebaiknya menyangkut Meditasi saja.


Disiplin :

1.      Vegetarian, pelan-pelan daging di hindari, telur dan ikan masih boleh.

2.      Anggaran Dasar di pelajari.

3.  Menambah informasi, bisa dari internet, baca buku dll; juga tentang penemuan-penemuan baru dalam Meditasi, Yoga, Kesehatan holistik.
(www.happines+meditation+healing). Tujuannya meyakinkan peserta akan proogram-program kita.

Memahami dengan benar, mengetahui lebih banyak tentang kepengurusan Ashram, info-info kegiatan Ashram. Standar makanan vegetarian berbeda-beda.



(Fascilitator Training oleh Guruji Anand Krishna, pada 7 maret 2012 di Anand Krishna Center Denpasar, Jl. Pura Mertasari 27 Sunset Road, Abianbase Kuta, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar